Selasa, 11 Maret 2014

KA.ARGO BROMO ANGGREK GO GREEN


KA.ARGO BROMO ANGGREK Go Green


Kereta Eksekutif Go Green (ABA GO GREEN)

KA.Argo Bromo Anggrek adalah Kereta Jurusan Stasiun Gambir - Stasiun Surabaya Pasar Turi. Diantara Kereta Eksekutif, Kereta Eksekutif ini masih menjadi ikon kereta Eksekutif unggulan. Karenanya, sekarang dipakai untuk KA.Argo Bromo Anggrek.

     Banyak Railfans (Pecinta Kereta Api) yang berharap kalau naik KA.Argo Bromo Anggrek bisa mendapatkan Kereta Eksekutif K1 Jenis Go Green. Maklum lah, rangkaian KA.Argo Bromo Anggrek kini terdiri dari 3 macam corak kereta. yaitu menggunakan Kereta Eksekutif K1 Argo biasa (Model Lama), Kereta Eksekutif K1 Argo New Image (Kaca Pesawat), dan Kereta Eksekutif K1 Go Green. Dan tarif KA.Argo Bromo Anggrek relatif lebih mahal dari KA Eksekutif lain yang relasinya Jakarta-Surabaya. Jadi wajar banyak yang memilih dan berharap mendapatkan K1 Go Green.
     
       Bentuk Kereta kelas 1 Go Green berbeda dengan kereta eksekutif lainnya, desain eksterior maupun interiornya juga berbeda. Jendelanya di desain bentuk Direct Glazing sehingga dari kejauhan seperti jendela kaca yang panjang. Benar-benar lebih mewah dan luas ruangannya.

Interior K1 Argo Bromo Anggrek Go Green
     Secara dimensi, Kereta yang di operasikan untuk KA.Argo Bromo Anggrek ini memiliki panjang bodi sekitar 20918mm, lebar bodi 2990mm, dan tinggi badan kereta 3700mm. Kereta berbahan body MonocoqueMild Steel ini berwarna dasar putih dengan kombinasi garis hijau dengan logo sehelai daun dengan bertuliskan Go Green, Boggie yang di gunakan adalah K9 / Bolsterless dengan sisterm suspensi ganda : Conical Rubber Bounded dan Air Spring (Pegas Udara), serta di lengkapi dengan vertical dan horizontal Shock Absorber sehingga lebih nyaman dari bogie kereta eksekutif lainnya.

         Pintu untuk naik turun terdapat di samping kanan kiri (2 Kiri - 2 Kanan) dan di masing masing ujung kereta terdapat pintu penghubung antar kereta (Boardes). Sistem buka-tutup pintu secara otomatis dengan tombol dan membuka dengan (Slide Dor). Untuk kenyamanan dari suara bising roda dan suara genset, terdapat pula pintu ruang penumpang buka-tutup otomatis dengan sistem pencet tombol. Setiap kursi juga di lengkapi dengan charger listrik. Rak bagasi atas terdapat sekat-sekat namun di buat terbuka (Tidak seperti K1 Kaca Pesawat New Image).

   
Toilet K1 Argo Bromo Anggrek
          Hal lain yang unik pada kereta eksekutif ini, selain bogie yang digunakan, penempatan toilet juga berbeda, dua toilet yang lazimnya berada pada masing-masing ujung kereta, namun pada kereta yang satu ini ditempatkan berdampingan kanan-kiri dan hanya di pisahkan oleh lorong dan pintu boardes.

          Dari data sarana tahun 2011, kereta jenis ini masih ada sebanyak 42 unit. Namun kini hanya 1 set yang di jalankan untuk KA.Argo Bromo Anggrek. Kereta yang masih di operasikan yaitu bernomor:
K1 0 97 03, K1 0 97 06, K1 0 97 11, K1 0 97 13, K1 0 97 20, K1 0 97 23, K1 0 01 19, K1 0 01 21, P 0 97 03 dan M1 0 97 03.
                                                               SPESIFIKASI TEKNIS KERETA K1 ARGO BROMO ANGGREK