Selasa, 11 Maret 2014

KERETA EKSEKUTIF KACA PESAWAT

K1 ARGO KACA PESAWAT Foto: (M.Nasrul Khaerudin)


INOVASI PERUBAHAN BARU PADA KERETA EKSEKUTIF.

     Salah satu keunikan dari kereta kelas eksekutif lainnya adalah jenis Kereta Argo New Image. Kereta ini berbeda dari lazimnya kereta eksekutif lainnya, terutama di bagian jendela yang berukuran lebih kecil serta bagasi atas kursi yang di buat tertutup seperti layaknya pada Pesawat Terbang.

K1 New Image
Kereta Kelas 1 New Image merupakan rancangan desain dari Balai Yasa Manggarai. Awal di launching kereta ini di jalankan untuk rangkaian KA.Sembrani New Image dan KA.Turangga New Image. Selanjutnya INKA pun membuat kereta serupa dengan jendela kecil yang sekarang di pakai oleh Rangkaian KA.Argo Jati, KA.Argo Bromo Anggrek, KA.Gajayana, dan KA.Argo DwiPangga. Itupun sekarang dalam satu rangkaian terkadang di campur dengan kereta eksekutif biasa.

     Jendela kecil ala pesawat ini mampu menarik minat pelanggan. Bahkan ada yang mengatakan, naik kereta New Image terasa lebih ekslusif dan mewah seperti naik pesawat. Tirai penutup jendelanya juga di selaraskan dengan jendelanya sehingga terlihat minimalis dan manis.

     
Interior New Image Argo Jati
Tak hanya itu, meskipun toilet jumlahnya di kurangi satu tetapi sebagai pengganti disediakan ruang/rak bagasi yang luas. Sehingga bila penumpang yang membawa koper atau barang bawaan yang besar bisa di simpan di rak bagasi di ujung ruang eksekutif. Rak bagasi atas yang bersekat dan tertutup agar lebih nyaman terhdap barang bawaan anda agar lebih aman. Televisi yang di pasang pun sudah menggunakan tipe LED/LCD.

     Selain itu, Kereta Argo New Image buah karya dari Balai Yasa Manggarai ini merupakan kereta pertama yang di lengkapi charger listrik. sehingga pernah suatu ketika Railfans misuh-misuh alias kecewa berat ketika naik KA.Sembrani dan KA.Argo Bromo Anggrek ternyata saat itu bukan menggunakan Kereta New Image yang tanpa ada charger. Kekecewaan yang wajar karena tiket KA tersebut sudah mahal, namun keretanya biasa saja. Bahkan sampai saat ini, naik kereta berjendela kaca pesawat masih menjadi kebanggaan dan menorehkan pengalaman tersendiri.